Teknik Dasar Model Catwalk Indonesia

Selamat datang di Runway! Panggung tempat kamu akan berlenggak lenggok memperagakan busana atau aksesori karya perancang. Bentuk utamanya terdiri dari backdrop, main stage, dan catwalk. Saat ini panggung kebanyakan berbentuk I-Catwalk. Sedangkan T-Catwalk sudah jarang digunakan. Dan untuk alasan kepraktisan, saat ini banyak juga panggung yang hanya terdiri dari catwalk tanpa panggung utama (main stage).

Sebelum kamu berlenggak-lenggok memperagakan suatu busana atau aksesori karya perancang, tidak ada salahnya kamu membaca teknik dasar model catwalk agar kamu bisa memahami dan mempraktekkan serta kamu akan terampil saat di atas panggung.

Berikut  Ini, Teknik Dasar Model Catwalk Indonesia.
Sikap Berdiri

Sikap Berdiri Untuk Model Perempuan.
Teknik Dasar Model Catwalk Indonesia

  1. Putarlah kaki kiri dengan sudut 45°.
  2. Arahkan kaki kanan ke muka dengan lurus.
  3. Bengkokkan lutut kanan sedikit di atas garis dari lutut sebelah kiri.
  4. Bengkokkan lutut kiri sedikit.

Dengan teknik berdiri seperti itu maka keseimbangan tubuh akan terjaga dan terlihat lebih ramping. Lekuk tubuh yang ditampilkan akan membuat busana yang dikenakan pun “jatuhnya” lebih indah. Selanjutnya, arahkan  pandangan lurus ke depan namun posisi kepala jangan kakul kamu bisa menoleh ke kiri atau ke kanan bila diperlukan. Posisi bahu ditarik sedikit Teknik Dasar Model Catwalk Indonesiake belakang, dada agak dibusungkan dan tahan otot perut. Posisi punggung tegak, pinggul jatuh ke kiri. Sikap tangan panjang lentik dan rileks.

Sikap Berdiri Untuk Model Laki-Laki

Untuk laki-Iaki, berdiri dengan sikap kaki terbuka selebar bahu. Posisi lengan jangan menekuk, kepalkan telapak tangan namun tetap rileks.


Teknik Berjalan

Teknik Dasar Model Catwalk IndonesiaModel perempuan

Posisi satu kaki di depan kaki yang lain, bukan menyilang. Alur jalan membentuk garis lurus. Ayunkan kaki sejauh mungkin dengan tetap menjaga keseimbangan. Sesuaikan langkah kaki dengan irama musik. Hindari langkah dengan hak jatuh lebih dahulu, posisi tumit menapak ke lantai bersamaan bagian depan sepatu.

Model Laki-Laki

Berjalan dengan langkah kaki melebar untuk memberikan kesan gagah. Melangkahlah seolah membentuk garis rel imajiner.

Teknik Dasar Model Catwalk IndonesiaTeknik Dasar Model Catwalk Indonesia

Teknik Berputar

Teknik Dasar Model Catwalk IndonesiaMulailah langkah awalmu dengan kaki kanan. Saat harus berputar sesuai arahan koreografer saat latihan, berputarlah searah jarum jam dengan kaki agak berjinjit. Dan ketika berputar, usahakan putaran tubuh dan pandangan mata berlawanan dengan arah putaran. Berputarlah secara berlahan, agar keseimbangan tubuhmu tetap berjaga

Istilah-istilah dalam teknik putar:

  • Half turn: Berputar 180 derajat
  • Full-turn: Berputar 180 derajat x 2
  • Step turn: Kombinasi full turn yang dilakukan dengan
    melangkah.
Teknik Berekspresi

Teknik Dasar Model Catwalk IndonesiaSetiap busana yang dirancang memiliki tema tersendiri dan ditujukan untuk kesempatan tertentu. Karena itu cara membawakannya juga harus disesuaikan, apakah untuk gaya santai, formal, atau pesta?

Biasanya koreografer sudah memberikan arahan bagaimana cara berjalan dan menampilkan eksepresi wajah yang sesuai dengan tema busana.

Berikut panduannya:

1. Tema Santai / Kasual 

  • Tunjukkan ekspresi ceria, riang dengan tersenyum dan mata berbinar.
  • Jalan agak cepat dan bergerak Iepas.
  • Tangan berayun Iepas.

2. Tema Sehari-Hari

  • Tersenyum lembut.
  • Berjalan biasa dengan satu kaki di depan kaki lainnya.
  • Kecepatan langkah mengikuti ritme musik.
  • Posisi tangan di samping tubuh, ayunannya tidak terlalu banyak.

3. Formal / Malam / Pesta / Baju Daerah

  • Tersenyum lembut.
  • Melangkah anggun.
  • Setiap gerak gerik dibuat halus, lembut dan tertata.
Bloking Panggung

Saat fashion show yang bertanggung jawab soal blocking atau penguasaan panggung adalah koreografer. Namun terkadang pada fashion show skala kecil, tidak ada koreografer sehingga mau tidak mau, model-Iah yang harus berperan aktif menghidupkan panggung dan bertanggung jawab atas blocking panggung agar show berjalan rapi dan bisa dinikmati penonton.

Titik pandang penonton adalah tengah panggung, karena itu hindari penumpukan model di satu tempat. Atur urutan berjalan dan ritmenya. Misalnya, Model A, B, dan C berjalan bertiga di atas catwalk. Saat di ujung catwalk, A bergerak ke kiri, C ke kanan dan B berjalan di tengah (agak di belakang A dan C), agar B terlihat oleh penonton.

Teknik Dasar Model Catwalk IndonesiaTeknik Dasar Model Catwalk Indonesia

Garis blocking terdiri dari dua bentuk, yaitu garis lengkung yang bersifat feminin dan garis lurus yang bersifat maskulin. Blocking garis lengkung contohnya berjalan memutar atau membentuk angka delapan dan lingkaran. Blocking feminin saat ini sudah jarang digunakan, kecuali untuk memeragakan busana pengantin atau ball gown yang umumnya agak sulit bergerak bebas.

Blocking maskulin lebih sering digunakan baik untuk pria maupun perempuan karena lebih simpel. Blocking ini biasa digunakan untuk peragaan yang modelnya berjalan beramai-ramai di atas catwalk:

  • Cross: model-model bersimpangan di main stage atau di catwalk.
  • Jarum jaram: model-model saling bertukar posisi dalam segi tiga atau segi empat hingga kembali ke keadaan semula.
  • Air mancur: model-model berjalan beriringan di catwalk, kemudian ketika tiba di ujung panggung memisahkan diri ke kanan dan ke kiri.
  • Staccato: model-model keluar satu per satu, untuk mulai jalan di catwalk.
  • Parade: beriringan satu sama lain, berjajar sampai ke belakang. Bisa one line atau two lines

8,776 total views, 18 views today