Profesi Sejenis Setelah Karier Model Meredup

Bekerja sebagai seorang model memang hal yang menyenangkan. Apalagi dengan job yang banyak bukan hal yang sulit untuk mendulang kekayaan. Tak heran banyak orang-orang yang bercita-cita ingin menjadi model karena penghasilannya yang luar biasa. Namun perlu di ketahui menjadi seorang model tidak akan selamanya mengingat batasan usia untuk menjadi seorang model.

Lalu bagaimana agar kamu bisa mengembangkan model kamu setelah karir model mulai meredup? profesi lain apa yang sesuai?

Berikut Ini, Profesi Sejenis Setelah Karier Model Meredup
Memanfaatkan Keunggulan Model

Profesi Sejenis Setelah Karier Model MeredupMeskipun profesi model tidak panjang usianya, tapi banyak hal yang dapat dipetik selama menjalani kehidupan model. Dalam sekolah model ataupun agensi, seorang model dididik untuk disiplin dan bertanggung jawab. Kedua sikap ini sangat dibutuhkan dalam semua bidang pekerjaan.

Selain itu seorang model juga terbiasa bekerja sama dengan tim dan berhubungan dengan banyak kalangan. Keluwesan seorang model dalam pergaulan menjadi nilai tambah, apalagi bila ia pandai menjadi hubungan baik dengan pihak-pihak yang pernah bekerja sama dengannya.

Profesi Sejenis Setelah Karier Model MeredupJaringan kerja sama yang telah terbangun itu, bisa kamu manfaatkan dalam hal positif. Keuntungan lain menjadi model adalah popularitas. Hasil kerja model biasanya dimuat dalam berbagai media, misalnya menghias halaman mode, iklan atau tayangan televisi. Tak heran, jika wajahmu mudah dikenali.

Nah, kepopuleranmu bisa membantu memudahkan jalan untuk memasuki bidang lain, baik yang masih berhubungan dengan dunia model atau tidak. Jika digeluti secara serius, profesi model sangat menjanjikan, tidak hanya saat dijalani, melainkan juga setelahnya. Banyak bukti yang memperlihatkan bahwa mantan model juga bisa terus eksis dan sukses setelah tidak aktif lagi menjadi model.

Profesi untuk Mantan Model

a. Pemain Sinetron, Film, dan Presenter

Biasanya model paling mudah meloncat ke dunia entertainmen dan akting. Selain nama dan wajahnya sudah dikenal banyak orang, seorang model dengan jam terbang yang cukup biasanya juga pandai menguasai diri. T idak gampang grogi bila harus tampil di depan banyak orang dan berakting di di bawah sorotan kamera.

Profesi Sejenis Setelah Karier Model MeredupProfesi Sejenis Setelah Karier Model Meredup

Seorang model juga bisanya sudah terlatih untuk berekspresi dengan berbagai karakter, sehingga memudahkan dalam berakting maupun membawakan sebuah acara. Meskipun demikian, mantan model yang memilih meneruskan karier di dunia pertunjukan, harus terus belajar untuk menambah ilmu dan wawasan. Saat ini banyak juga yang menapaki profesi ini tanpa meninggalkan dunia model. Contohnya Donita, Dominique, Dimas Seto, dan lain-lain.

b. Redaktur Mode, Pengarah Gaya, dan Koreografer

Selama menjalani profesi model, tentunya kamu banyak berhubungan dengan tim yang terlibat dalam pemotretan maupun peragaan busana. Bekerja sama dengan mereka mungkin akan menumbuhkan ketertarikanmu terhadap profesi yang bersentuhan dengan fashion tersebut. Misalnya Nani Sakri (pengarah gaya dan redaktur mode), Ria Pentasari (redaktur mode), Doddy Haykel (koreografer).

c. Stage Manager

Stage manager/manajer panggung adalah orang yang menyesuaikan konsep koreografer dan desainer dengan tata cahaya dan suara panggung. Kelancaran acara di panggung dari awal hingga akhir merupakan tanggung jawab dari stage manager.

d. EO (Event Organizer) dan Agen Model

Sebagai seorang model, kamu pastinya sering terlibat di panggung hiburan dan media elektronik. Dari situ kau bisa mengamati seluk beluk pertunjukan, cara mengontrak dan mengelola orangorang yang terlibat, pengadaan properti dan segala hal yang berhubungan dengannya. Pengetahuan ini akan berguna bila kamu berniat merintas karier sebagai EO atau membuka agensi model. Contohnya Nana Krit dan Ratna Dumilah (EO), Lulu Dewayanti, Keke Harun, Arzeti (pemilik Agensi).

e. Desainer

Profesi Sejenis Setelah Karier Model MeredupSalah satu keuntungan menjadi model adalah kesempatan mengenakan baju-baju mahal nan indah hasil rancangan desainer ternama. Umumnya model adalah seorang pencinta fashion. Berhubungan dengan desainer akan mengasah pengetahuanmu tentang lika-liku dunia fashion dan pemasarannya. Didukung dengan minat dan bakat kreativitas, kamu pun bisa menjadi desainer seperti mereka. Misalnya Poppy Dharsono (desainer busana), Auk Murat (desainer dan pengusaha sepatu).

f. Pemilik Sekolah Model

Pengalaman malang melintang di dunia model, jaringan kamu miliki dan nama besarmu bisa jadi modal dasar untuk membuka sekolah model. Contohnya Okky Osokawati (OQ Modelling), Ratih Sanggarwati (Pemilik Lembaga Pendidikan Ratih Sanggarwati (LPRS), Soraya Haque (Soraya Haque Modelling School).

g. Koreografer

Profesi Sejenis Setelah Karier Model MeredupKoreografer memiliki peranan penting dalam fashion show. Dia bertanggung jawab mengatur blocking, urutan keluar-masuk model, music pengiring, hingga properti apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu, koreografer juga bertugas mengatur para penunjang seper ti penyanyi, penari, atau figuran lain yang menjadikan keseluruhan show dinikmati sebagai sebuah suguhan hiburan yang mengesankan. la juga harus cerdas menerjemahkan konsep desainer maupun pemilik produk yang mengadakan show. Contoh Koreografer, Denny Malik.

Namun, banyak juga mantan model yang mengembangkan kariernya di bidang yang berbeda sama sekali. Contohnya, Marissa Haque dan Wanda Hamidah yang pernah terkenal sebagai model, kini terjun ke politik praktis. Begitupun Kiki Widyasari setelah menjadi model justru berkiprah di dunia pasar modal.

558 total views, 1 views today