Kembangkan Bakat Melalui Kontes Modeling

Saat ini banyak sekali lomba pemilihan model, kecantikan dan fashion yang diadakan oleh berbagai lembaga maupun media. Lomba atau kontes yang bertujuan mencari bakat ini bagus sekali untuk kamu ikuti. Karena dengan mengikuti lomba/ kontes semacam ini, kamu akan berkesempatan menguji potensi, memperluas akses dan jaringan ke dunia model sekaligus menambah pengalaman.

Kembangkan Bakat Melalui Kontes ModelingLomba modeling biasanya diselenggarakan di kota-kota besar. Namun ada juga lomba yang sengaja diadakan di daerahdaerah untuk mencari bibit-bibit baru yang potensial. Ada juga yang memang berjenjang, mulai dari masing-masing kota,
lalu pemenangnya diadu lagi ditingkat nasional, ada juga yang sampai regional bahkan internasional.

Semakin tinggi jenjang dan luas lingkupnya maka persaingan pun akan lebih ketat. Dibutuhkan persiapan yang matang dan ketangguhan mental untuk menghadapinya. Jangan patah semangat jika tidak terpilih menjadi pemenang, pengalaman merasakan aura kompetisi akan meningkatkan kemampuanmu menjadi model yang profesional.

Kembangkan Bakat Melalui Kontes ModelingKembangkan Bakat Melalui Kontes Modeling

Meski tidak menjadi pemenang, bukan tidak mungkin potensimu akan dilirik oleh agensi pencari bakat dan mengorbitkanmu menjadi sosok terkenal.

Berikut ini contoh-contoh Lomba Model yang bisa kamu ikuti: 

Tingkat Regional : Abang None Jakarta, Duta Wisata Indonesia, Gading Model Search, dan Pelangi Model Hunt.

Tingkat Nasional : Putra-Putri Bahari, Duta Wisata Propinsi, Miss WRP Contest, Duta Muda Asean, Puteri Indonesia, Miss Indonesia Tourism, Miss Indonesia Earth, Male Pageant Contest, Mister Indonesia, L-Men of the Year.

Kontes di Majalah : Wajah Femina, Gadis Sampul, Cowok nya Gadis, Covergirl-Coverboy Aneka, Be Our Cover Mens Health, Model Kawanku.

Kembangkan Bakat Melalui Kontes ModelingUntuk mengikuti lomba modeling tentunya membutuhkan persiapan fisik, mental dan juga dana. Karena itu perlu selektif dalam memilih lomba apa yang akan kamu
ikuti. Apakah manfaatnya sesuai dengan sumber daya dan dana yang kamu keluarkan?.

Pertimbangkan juga reputasi penyelenggara lomba dan siapa juri yang akan menilaimu. Apakah orang-orangnya cukup kompeten untuk mengantarkanmu menuju dunia fashion dan hiburan?

Waspadai juga segala bentuk penipuan yang berkedok lomba/ kontes. Sekarang ini banyak penyelenggaraan model hanya untuk meraup uang dan keuntungan dari peserta. Dan banyak juga lomba yang diselenggarakan secara tidak profesional,
mulai dari dewan jurinya yang tidak kompeten, kriteria pemenang yang tidak jelas, dan masih banyak lagi. Hati-hati jika panitia memungut uang pendaftaran di atas satu juta rupiah. Tanyakan secara rinci dan spesifik untuk apa saja uang itu akan mereka gunakan dan keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan sebagai peserta.

Tips Mengikuti Lomba Modeling

  • Perhatikan apa saja persyaratan yang ditetapkan oleh panitia atau penyelenggara lomba/kontes.
  • Perhatikan waktu dan lokasi pelaksanaan lomba.
  • Cermati lomba apa yang akan kamu ikuti. Siapa penyelenggara dan dewan juri yang terlibat? Apa tema acara yang mereka tentukan, agar kamu tidak salah kostum.
  • Rajin mengikuti informasi dan perkembangan dunia fashion terkini. Kamu bisa mendapatkan informasi dari majalah fashion, tv fashion, atau internet. Ketahui dandanan dan model baju apa yang sedang tren saat itu.
  • Sesuaikan pakaian, aksesori, dan tata riasmu dengan lokasi, tema waktu lomba. Untuk lomba yang diselenggarakan siang hari dan di lokasinya di luar ruangan, gunakan riasannya natural dan baju gaya kasual. Untuk lomba yang diselenggarakan malam hari kamu bisa mengenakan make-up yang lebih tebal. Lomba malam hari mengusung tema busana cocktail atau untuk pesta. Di kesempatan tersebut kamu bisa tampil dengan mengenakan gaun manis andalanmu.
  • Kenakan busana dan riasan yang menonjolkan kelebihanmu. Misalnya, kamu berkaki jenjang, tonjolkan dengan mengenakan rok selutut. Atau kamu yang memiliki bahu indah, pamerkan dengan gaun model sabrina atau tank top.
  • Sebelum mengikuti lomba, ada baiknya kamu memperlancar cara berjalan di runway dengan menggunakan high heels. Untuk perempuan, berjalanlah satu kaki di depan kaki lainnya sehingga membentuk harus lurus. Sementara untuk pria, agar terlihat gagah, berjalanlah dengan kedua kaki terbuka lebar ke samping, membentuk reI.
  • Tampil percaya diri ketika berada di atas panggung catwalk, tebarkan senyum menawanmu tanpa terkesan berlebihan.

Contoh Ketentuan Lomba Model

  1. Kembangkan Bakat Melalui Kontes Modeling Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Batas usia peserta : 15 – 25 tahun (pria & wanita).
  3. Tinggi minimal: pria 175 cm; wanita 170 cm, dengan  berat badan seimbang.
  4. Bersedia mengikuti proses lomba dengan biaya sendiri.
  5. Ketika lolos ke tahap ‘The Elimination’ sid ‘Grand Final’, tidak sedang mengikuti lomba serupa.
  6. Kirimkan 3 foto berwarna terbaru: 1 buah foto close up dari depan, 1 buah foto close up dari samping, 1 buah foto seluruh badan; Foto dicetak ukuran SR. Pemotretan harus dilakukan tanpa filter, soft focus atau diffuser dan berlatar belakang polos; kemudian Tulis nama dan ala mat sesuai KTP di belakang masing-masing foto.
  7. Lampirkan formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dengan huruf cetak.
  8. Lampirkan fotokopi KTP atau tanda pengenal lain yang masih berlaku.
  9. Kirim berkas diatas kepada lembaga yang menyelenggarakan kotes modeling.

Formulir Pendaftaran

Kembangkan Bakat Melalui Kontes ModelingKembangkan Bakat Melalui Kontes Modelingformulir 3

Kembangkan Bakat Melalui Kontes ModelingKembangkan Bakat Melalui Kontes Modeling

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2,463 total views, 3 views today